POKJAWASPAI NASIONAL

Membangun Komunikasi, Koordinasi dan Konsultasi

Lt. 8 Gedung Kementerian Agama RI

Pokjawas PAI, Siapkan Bintek dan Pembinaan Dengan Aplikasi Cisco Webex

Sabtu, 25 April 2020 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 1840 Kali

Di tengah masih merebaknya wabah covid-19, Pokjawas PAI Kota Semarang bersama dengan MGMP, KKG maupun PAIS terus mengembangkan beberapa media yang dapat dipergunakan guna meningkatkan layanan para pengawas PAI terhadap para guru binaannya. Sebulan yang lalu menurut HM Faojin selaku Ketua Pokjawas PAI, “kita telah memanfaatkan fasilitas WA (WhatsApp) dengan video callnya sebagai alternative pertama media pembinaan dan bintek. Selanjutnya Pokjawas menggunakan video pembinaan dan PAI Kemenag Kota Semarang meluncurkan videotutorial dalam bintek Siaga dan Emis. Kemudian terakhir Pokjawas PAI bersama MGMP PAI SMA dan SMP memanfaatkan media aplikasi zoom cloud meeting guna memudahkankan kegiatan tersebut”. Dari proses pemanfaatan media internet ini, tentu ada sisi kelemahan dan kelebihan terkait pulsa, sinyal, kelancaran perangkat komunikasi dan kapasitas anggota dalam kegiatan sampai pada kerahasiaan identitas pengguna.
Dari berbagai kendala yang muncul Pokjawas PAI Kota Semarang bersama KKG PAI Kec Genuk pada hari Senin (20/4) menyiapkan Aplikasi Cisco Webex bersama Tim KKG PAI Genuk yang dimotori oleh Ketua KKG yang baru Sobirin bersama Khoironi dan Latif dan dalam waktu dekat akan diterapkan aplikasi tersebut dalam sebuah kegiatan pembinaan Pengawas PAI. Jika nanti efektif dipergunakan maka tim tersebut disiapkan untuk mendesiminasikan kepada KKG PAI se Kota Semarang melalui perwakilan masing-masing.
Cisco Webex menurut Sobirin (Ketua KKG PAI Kec Genuk) merupakan aplikasi video conference yang memungkinkan komunikasi dengan menggunakan perangkat personal dan mobile seperti smarphone, PC, Laptop, Notebook, dan PC tablet selama masih ada dalam jankauan jaringan internet. Webex mengkombinasikan komunikasi lewat telepon dengan tampilan di layar computer.
Cara kerja aplikasi Video Conference Sisco Webex dijelaskan oleh Ketua Tim Webex PAI Genuk (Khaironi) yang setiap harinya sebagai guru PAI SD Bangetayu Wetan I adalah sebagai berikut: 1) buka Aplikasi Web browser Google Crome. Google Crome, 2) ketikan alamat webex pada web browser (www.webex.com), 3) pilih Join, 4) masukan Number Meeting yang diberikan oleh admin SEAMOLEC. 5) masuk Area Video Conference.dan ke 6) area Video Conference. Menurutnya aplikasi ini nampak lebih praktis dan aman dipergunakan dalam kegiatan-kegiatan KKG PAI selanjutnya ditengah pandemi covid-19.
Harapan yang sama diungkapkan oleh Darilin selaku Pengawas PAI SD yang paling senior mengharapkan sekali adanya berbagai alternative aplikasi yang bisa diterapkan dengan mudah, murah dan aman dalam berbagai kegiatan PAI, khususnya dalam pembinaan dan bintek, harapnya.(faojin)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT