POKJAWASPAI NASIONAL

Membangun Komunikasi, Koordinasi dan Konsultasi

Lt. 8 Gedung Kementerian Agama RI

Pembinaan Online KKG PAI 3 Kecamatan, Berjalan Serentak

Minggu, 26 April 2020 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 149 Kali

Dalam rangka persiapan kegiatan Ramadhan 1441 H di tengah cobaan pandemi Covid 19, KKG PAI 3 kecamatan secara serentak menyelenggarakan pembinaan online pada hari Kamis (23/4). Ketiga kecamatan tersebut adalah binaan Pengawas PAI HM Faojin yakni: 1) KKG PAI Kec Semarang Selatan pada sesi 1 pukul 07.30 - 09.00 Wib, 2) KKG PAI Kec. Pedurungan pukul 10.00 - 11.30 Wib dan 3) KKG PAI Kec. Gayamsari pukul 13.00 - 14.30 Wib.
Menurutnya pembinaan serentak ini didasarkan pada kesamaan materi pembinaan dan aplikasi online yang dipergunakan. "Materi yang diberikan berkaitan review pembelajaran dan penilaian yang diedarkan oleh mas Menteri dan Dinas Pendidikan serta Kementerian Agama yaitu terkait keselamatan jiwa lebih diutamakan, tidak membebani siswa dan bukti hasil serta pengembangan diri". Guru PAI dituntut memunculkan kreativitas dalam mengembangkan pembelajaran di rumah. Bagaimana para guru mampu menggerakan siswanya memanfaatkan lingkungan sebagai media sekaligus sumber belajar sehingga mereka tidak perlu beli dan ada di lingkungan dirinya. Hal itu menyangkut anggota keluarga, sarana yang dimiliki, ciptaan Allah baik sinar matahari, udara, pohon, bunga, buah buahan, hewan dan lain sebagainya. Sehingga para siswa tidak bosan, senang dan merasa banyak inspirasi yang dikembangkan oleh guru PAI nya, harapnya.
Kemudian dalam penyiapan Ramadhan HM Faojin selaku Pengawas PAI mengharapkan berbagai kegiatan Ramadhan yang sudah dilaksanakan pada tahun sebelumnya agar tetap dilakukan. "Hanya perbedaan caranya, dulu secara berkumpul dalam.suatu tempat, maka di saat pandemi dilakukan secara online dan dilakukan dari lokasinya masing-masing", jelasnya.
Begitu untuk pembayaran zakat fitrah, masih perlu dilakukan oleh satuan pendidikan dengan cara online dan juga bisa dibayarkan oleh orang tuanya secara bergantian dengan tetap sesuai dengan protocol kesehatan atau secara online pembayarannya.
Ketua KKG PAI Kec Semarang Selatan (M Ayub) yang sekaligus sebagai host merasa senang, temen GPAI bisa bergabung dalam pembinaan online dengan aplikasi Zoom. "Mereka mendapat pencerahan dari pengawas secara online berkaitan pembelajaran, penilaian dan persiapan Ramadhan 1441 H ini". Hal senada juga disampaikan secara online oleh Sholihin selaku Ketua KKG PAI Kec. Pedurungan. "Para guru PAI ternyata rindu untuk bertemu sesama guru yang sekitar sebulan bekerja dari rumah". Hal senada juga disampaikan oleh Ketua KKG PAI Kec. Gayamsari.
Dari data kehadiran yang bergabung dalam pembinaan online belum mencapai 100 persen. Dimana Kec Semarang Selatan baru 16 orang dari 30 guru, Pedurungan 22 orang dan Gayamsari 21 guru PAI. Sehingga ada tugas tambahan bagi pengurus KKG untuk saling mengkomunikasikan terhadap mereka yang belum bisa hadir dan bergabung secara online dalam pembinaan, harapnya.
Begitu juga selama Ramadhan akan diselenggarakan pengajian rutin, khatmil Quran para guru PAI dan semua guru se kecamatan, peringatan Nuzulul Quran, dan pembayaran zakat secara online. Semoga semua bisa berjalan dengan baik dan bermakna di tengah pandemi covid 19, dan corona segera sirna, amin. (faojin)

 

https://www.youtube.com/watch?v=cwZiG6ZD_Z8&feature=youtu.be

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT