POKJAWASPAI NASIONAL

Membangun Komunikasi, Koordinasi dan Konsultasi

Lt. 8 Gedung Kementerian Agama RI

WORKSHOP PENGAWASAN MANAJERIAL

Kamis, 02 Juli 2020 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 258 Kali

Pokjawas PAI Kabupaten Banyumas

 

Regulasi tentang  Manajerial Pengawas PAI memiliki dampak dan konsekuensi bagi Pengawas PAI. Dengan turunnya SE Dirjen Pendis Nomor 1111 Tahun 2019 tentang Kepengawasan Manajerial Bagi Pengawas PAI, maka Pengawas harus mempersiapkan kompetensi manajerial, diawali dari perencanaan program, pelaksanaan, hingga evaluasi, serta administrasi yang harus dipenuhi.

Untuk memenuhi harapan tersebut, maka perlu diadakan penyegaran kembali materi tentang manajerial. Kenapa perlu penyegaran? Dikatakan penyegaran, karena semua pengawas sesungguhnya telah dibekali dengan kompetensi manajerial pada saat diklat calon pengawas, diklat Penguatan Kompetensi Pengawas dan pelatihan-pelatihan lain yang menuju pada peningkatan kompetensi pengawas.  Pokjawas Kabupaten Banyumas menginisiasi kegiatan WORKSHOP PENGAWASAN MANAJERIAL yang dilakukan secara bertahap 3x kegiatan.   Workshop pertama diselenggarakan  pada 17 Juni 2020. Sedangkan Workshop ke dua dilaksanakan pada 24 Juni 2020, dan workshop ke tiga, diselenggarakan pada 29 Juni 2020. Dengan demikian, dalam dua pekan Pokjawas Kemenag Kab. Banyumas menyelenggarakan Workshop Manajerial sebanyak 3x.

Kegiatan ini bertempat di Ruang Pokjawas Kankemenag Kabupaten Banyumas Jl. Adhiyaksa  No. 11 Purwokerto. Peserta kegiatan workshop  terdiri dari Pengawas SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA di Kabupaten Banyumas. Workshop ini  menghadirkan narasumber Ketua Pokjawas Kabupaten Banyumas Bpk. Amin Yuhdi, S.Pd., M.Pd, dan  Dra. Hj. Inung Siti Nur Hidayati, M.Pd., Dalam kegiatan worksop manajerial ini Ketua Pokjawas PAI Kab. Banyumas, Drs. H. Sujiman, MA., menyampaikan bahwa dalam mengimplementasikan SE Dirjen 1111/2019 perlu diawali dengan menyamakan persepsi tentang manajerial pengawas, kemudian bedah 8 Standar Nasional Pendidikan, dan bedah instrument akreditasi, serta simulasi Penyusunan Dokumen I KTSP, KTSP DARURAT, KALDIK, dan PROTOKOL KESEHATAN untuk menyambut Pembelajaran NEW NORMAL. Dengan demikian, ada 4 produk yang harus dicapai dalam workshop yang ke tiga. Harapan yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah Pengawas PAI memiliki persepsi yang sama, bekal pengetahuan, keterampilan dalam menjalankan tugas baru yaitu  pengawasan manajerial serta  memiliki instrument yang  sama ketika terjun ke sekolah maupun madrasah binaan. Para pengawas mengikuti workshop dengan sangat antusias, penuh semangat, apalagi mulai tanggal 1 Juli 2020 babak baru Kepengawasan Manajerial langsung diparaktikkan di madrasah binaan dalam rangka Workshop Penyusunan KTSP.

Purwokerto, 29 Juli  2020.     Report by Inunghied.

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT