POKJAWASPAI NASIONAL

Membangun Komunikasi, Koordinasi dan Konsultasi

Lt. 8 Gedung Kementerian Agama RI

Pokjawas PAI Jawa Tengah, Mengawali Sosialisasi Aplikasi Simpinter

Kamis, 02 Juli 2020 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 505 Kali

Semarang – Guna memberikan layanan Pengawas PAI secara lebih efektif dan efisien sekaligus menjawab kebutuhan para Pengawas dalam menjalankan tugas pengawasan di era new normal, Kelompok Kerja Pengawas PAI Nasional telah mengembangkan aplikasi Simpinter (Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Terintegrasi). Aplikasi ini menurut Ketua Pokjawas PAI Provinsi Jawa Tengah (Amir Mahmud) sudah ditunggu lama dan menjadi kebutuhan para pengawas PAI sehingga di Jawa Tengah melakukan sosialisasi lebih awal pada hari Rabu (24/6) kepada para Pengawas PAI se Jawa Tengah melalui aplikasi Zoom.

Simpinter menurut Moh. Amin selaku Ketua Pokjawasnas PAI merupakan aplikasi yang  berbasis pada web dan playstore.  Disamping penggunaannya untuk mengelola data dan informasi,  Simpinter juga berisi tentang segala aspek kebutuhan tuntutan administrasi guru, seperti Program Tahunan, Program Semester, Analisis KD, RPP, Penilaian, media pembelajaran, PKG, PKB dan lain-lain. Sedangkan untuk Pengawas PAI menurutnya  juga berisi Instrumen Pemantauan 8 Standar Nasional Pendidikan Agama Islam, Program Pengawasan, Laporan Pembinaan, Laporan Pemantauan, Laporan Penilaian dan Evaluasi Pelaksanaan Program Pengawasan. Selain fungsi tersebut, di dalam Simpinter juga disediakan kolom Karya Inovative untuk Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas PAI. Simpinter dapat juga diupdate kapan saja  disesuaikan dengan perubahan tuntutan regulasi yang berlaku, tambahnya.

Moh. Amin sebagai narasumber yang sekaligus pengembang aplikasi Simpiter ini berharap ada lompatan prestasi baru dalam dunia pendidikan khususnya PAI. Guru lebih fokus mengajar di  kelas dan tidak disibukkan lagi dengan administrasi, Kepala Sekolah dan Pengawas PAI lebih konsentrasi pada manajemen dan peningkatan mutu seperti pembinaan, pembimbingan dan pelatihan profesional Guru PAI, kenaikan pangkat pun lebih mudah dan cepat sehingga berdampak pada peningkatan mutu  pendidikan.

Kehadiran Simpiter ini menjadi diungkapkan oleh HM Faojin sebagai Wakil Sekretaris Pokjawasnas PAI yang sekaligus Ketua Pokjawas PAI Kota Semarang merupakan kebanggaan bersama untuk kita semua, tidak hanya para Pengawas PAI, tetapi juga para guru PAI dan kepala sekolah. Sekaligus sebagai bukti eksistensi para pengawas PAI, guru PAI dan juga kepala sekolah untuk selalu melakukan inovasi dan tanggap terhadap perkembangan teknologi dalam memberikan layanan pendidikan agama Islam. Hal senada diungkapkan oleh Inung Nurhidayati Pengawas PAI asal Banyumas menjadi tantangan bagi para pengawas PAI untuk segera memahami dan menerapkan serta memberikan tutorial kepada guru binaan agar mereka juga memanfaatkan aplikasi ini secara keseluruhan, harapnya. Untuk memanfaatkan aplikasi Simpinter Pokjawasnas PAI juga akan segera meluncurkan buku panduan guna mempermudah semua pengguna, baik bagi para pengawas PAI, kepala sekolah maupun guru PAI.(faojin).

KOMENTAR

Nur Khayati - Kamis, 22 Oktober 2020

Semangat pengawas dan GPAI,,,,,, INOVASI yang membanggakan, mudah2n kedepannya bekerja bisa lebih baik.

Amin Nurbaedi - Jum'at, 03 Juli 2020

Alhamdulillah, dengan teknologi aplikasi Simpinter bagi Pengawas PAI akan semakin meningkatkan eksistensi Pokjawas PAI dalam kancah nasional bahkan internasional, semakin menjngkatkan semangat profesionalisme kerja Pengawas PAI, BRAVO..... PENGURUS POKJAWASNAS YANG TELAH MENGGAGAS APLIKASI YANG SANGAT LUAR BIASA INI......

salim - Kamis, 02 Juli 2020

Terimakasih, info yang sangat menarik untuk berusaha memantapkan mekanisme perolehan informasi melalui sipinter, semoga dapat diterima semua pihak untuk membantu dan mempermudah dalam peningkatan kinerja dibidang pendidikan agam Islam.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT