POKJAWASPAI NASIONAL

Membangun Komunikasi, Koordinasi dan Konsultasi

Lt. 8 Gedung Kementerian Agama RI

Direktur PAI Beri Penguatan Kompetensi Pengawas PAI

Selasa, 21 Agustus 2018 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 998 Kali

 

Dewasa ini tuntutan dan tantangan profesi pengawas PAI semakin berat namun mulia sesuai dengan tuntutan profesi nya mereka harus dapat memberikan layanan pembimbingan professional guru binaan dan sekaligus meningkatkan kemampuan dirinya. Profesi pengawas PAI tidak lagi menjadi tempat memperpanjang umur ASN atau bahkan menjadi tempat buangan jabatan, justru posisi pengawas PAI sanga tmulia dan strategis dalam pengawalan mutu pendidikan agama Islam di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Direktur Pendidikan Agama Islam (Dr. Imam Syafei) pada sela-sela kegiatan Penguatan Kompetensi Pengawas PAI angkatan 1 dan 2 di Griya Astoeti Hotel Bogor Jawa Barat. (10/08/2018) 

Penguatan Kompetensi Pengawas PAI yang didesain dalam bentuk Training of Trainers bagi Master Trainer ini sekaligus mengail 3 tujuan,yakni penguasaan K13, pengembangan diri Pengawas PAI dan pendampingan penyelenggaraan PPKB GPAI. Hal ini sebagai konsekuensi telah dilounchingnya PPKB GPAI oleh Menteri Agama RI (Lukman Hakim Syaifuddin) pada beberapa minggu yang lalu, yang mana para pengawas PAI nantinya harus dapat ikut mendampingi pelaksanaan PPKB GPAI di daerahnya masing-masing dan sekaligus mengawal mutu pelaksanaannya. Oleh karenaitu, Kasubdit Paud/TK (Ibu Hj. Ir. Victoria Elisna Hanah, M.Pd) mengharapkan para pengawas harus menguasai betul alur pelaksanaan PPKB GPAI, materi PPKB, kata kunci dan penyelenggaraannya.  Parapeserta sebanyak 51 orang harus dapat memanfaatkan waktu secara maksimal selama 5 hari ( 7 sd11 Agustus 2018).

Nara sumber pada kegiatan tersebut menurut Kasi Kesiswaan Ditpais pada Paud/TK (Herman Mudzakir, S.PdI) terdiri dari Para Pejabat Direktorat PAI (Direktur PAI, Kasubdit PAI Paud/TK) ,Tim Pengembang PPKB PAI  dan Pokjawasnas PAI (Moh. Amin, HM Faojin, dan Zaki).Dengan menu materi lengkap yakni Pre test, Kebijakan Kementerian Agama, Personal Branding dan KontrakBelajar, Konsep Umum PPKB GPAI, Kompetensi Inti GPAI, Konsep umum PKG, Konsep dan Aplikasi Evadir GPAI, Penyusunan Instrumen Indikator dan Rubrik Evadir GPAI, Desain Validasi Evadir GPAI, Pelaporan Hasil Validasi Evadir GPAI, Penyusunan Profile GPAI dan Pendampingan Penyelenggaraan PPKB PAI (Pedagogik 1,2,3 dan Profesional 1,2,3), Post Test dan RTL. Kegiatan ditutup dengan pemberian apresiasi kepada peserta kelompok terbaik. (HM Faojin)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT