POKJAWASPAI NASIONAL

Membangun Komunikasi, Koordinasi dan Konsultasi

Lt. 8 Gedung Kementerian Agama RI

WORKSHOP PENYUSUNAN DUPAK DAN ADMINISTRASI KENAIKAN PANGKAT

Rabu, 28 Agustus 2019 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 962 Kali

WORKSHOP PENYUSUNAN DUPAK DAN ADMINISTRASI KENAIKAN PANGKAT

Permasalahan dalam Kepengawasan belum juga tuntas meskipun pendidikan dan pelatihan sudah ditempuh. Hal ini disebabkan karena pemahaman terhadap materi oleh alumni diklat berbeda persepsi. Ditambah lagi pemahaman terhadap regulasi Kepengawasan yang masih lemah, termasuk di dalamnya tentang kenaikan pangkat juga menjadi masalah serius yang dihadapi para pengawas.

Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Pendidikan Agama Islam  Kabupaten Banyumas segera menyikapi permasalahan tersebut. Workshop menjadi alternative untuk solusi. Dengan mengundang Narasumber dari Jakarta, Drs. H. Moh. Amin, M.Ag.,  Ketua Umum Pokjawasnas PAI yang juga Instruktur Nasional Direktorat PAI, dan Narasumber Dra. Hj. Inung Siti Nur Hidayati, M.Pd., (Instruktur Nasional Ditpai), pada tanggal 26 Agustus 2019 Pokjawas Kabupaten Banyumas menyelenggarakan Workshop Penyususunan DUPAK dan Angka Kredit Bagi Pengawas bertempat di D’Garden Resto Purwokerto. Workshop diikuti oleh 42 orang peserta dari 4 kabupaten, yaitu Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga, dan Banjarnegara. Peserta dibekali  materi dan sekaligus sharing tentang program Kepengawasan, terdiri dari Program Pengawasan dan Laporannya, Laporan Pembinaan, Bimbingan dan Pelatihan beserta Laporannya, Laporan Evaluasi serta penyusunan Daftar Usulan PAK (DUPAK).

Kegiatan Workshop ini dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas yang diwakili oleh Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam (Kasi PAIS) Bpk. H. Afifuddin Idrus, M.Pd.I. Dalam sambutannya, Kasi Pais menyampaikan pentingnya para pengawas sebagai ujung tombak implementasi regulasi Kepengawasan untuk selalu sigap menghadapi setiap perubahan. Kasi Pais juga menyinggung tentang pentingnya kordinasi antar seksi dan saling memahami dalam menindaklanjuti Surat Edaran Dirjen Pendis No. 1111/DJ.1/PP.02.2/03/2019 tentang Pelaksanaan Pengawasan Akademik dan Manajerial Pengawas Pendidikan Agama Islam. Surat Edaran ini disambut gegap gempita karena sesungguhnya menjawab kegalauan para Pengawas Pais selama bertahun tahun karena dalam praktiknya Pengawas Pai hanya mendapat tugas Pengawasan Akademik, sementara tuntutan regulasi, mestinya mendapat tugas pengawasan manajerial juga.

Peserta mengikuti workshop dengan sangat antusias, bahkan  sepakat untuk mengadakan kegiatan serupa dengan mengangkat tema permasalahan yang dihadapi para pengawas. Hasil dari workshop berupa dokumen pelaporan program dan evaluasi dikumpulkan dan kelak akan sangat berguna bagi para pengawas yang akan mengajukan kenaikan pangkat, karena sudah ada contoh yang implementatif. Diharapkan dengan melalui kegiatan ini para pengawas lebih memahami dan menguasai kompetensi pengawas serta tidak lagi menunda nunda kenaikan pangkat karena kurangnya pemahaman terhadap administrasi yang dibutuhkan untuk kenaikan pangkat.  

Purwokerto, 27 Agustus 2019. Report by Inung S. Nurhied

KOMENTAR

Masudin - Rabu, 28 Agustus 2019

Kalau bisa dilaksanakan setiap kab dg dipa dr kemenag tentu luar biasa hasilnya utk peningkatan kemampuan pengawas

Musrin - Rabu, 28 Agustus 2019

Langkah maju Pokjawas se Karesidenan Banyumas. Semoga tambah berkah dan sukses melayani.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT