POKJAWASPAI NASIONAL

Membangun Komunikasi, Koordinasi dan Konsultasi

Lt. 8 Gedung Kementerian Agama RI

Refreshment Master Trainer AGPAII dan Pokjawas PAI Jawa Tengah

Minggu, 19 Januari 2020 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 476 Kali

Untuk mengupdate kompetensi para Master Trainer (MT) Pendidikan Agama Islam, maka MT perlu refreshment terutama terkait perkembangan kebijakan baru yang berkembang begitu cepat, misalnya perubahan regulasi terkait administrasi Guru dan proses pembelajaran yang baru saja diterbitkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadheem Makarim melalui SE Kemendikbud Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP. Begitu pula kebijakan tentang penyelenggaraan ujian yang diterbitkan melalui Permendikbud Nomor 43 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, perlu direspon dengan cepat. Guru sebagai pelaksana kebijakan tentu butuh penjelasan penjelasan yang valid. Oleh karena itu, DPW AGPAII Jawa Tengah bekerjasama dengan Pokjawas Jawa Tengah mengadakan Refreshment MasterTrainer (MT) yang diselenggarakan pada hari Ahad, tanggal 19 Januari 2020. Kegiatan ini diikuti oleh para Master Trainer Jawa Tengah, Ketua  FKG PAI, KKG PAI SD, SLB,  Ketua MGMP PAI SMP, SMA, SMK, dan POKJAWAS Provinsi Jawa Tengah.  

Harapan yang ingin dicapai dari kegiatan ini antara lain adalah Master Trainer memiliki persamaan persepsi tentang perubahan kebijakan pemerintah, sehingga akan dengan cepat mampu menyikapinya dengan bijak. Demikian pula untuk Ketua FKG PAI TK, Ketua KKG dan para Ketua MGMP PAI dapat segera menangkap perubahan dan dapat mensosialisasikan hasil Refreshment ini kepada pengurus yang lain. Kegiatan ini perlu disikapi secara positif bahkan perlu diapresiasi karena sangat bermanfaat. Selain itu langkah yang dilakukan oleh DPW AGPAII Jawa Tengah sangat pro aktif bekerjasama dengan pihak lain terutama Pokjawas, meskipun diselenggarakan dengan biaya mandiri oleh DPW AGPAII. Selain itu, harapan berikutnya adalah para Guru di Jawa Tengah lebih cepat bergerak mensikapi setiap perubahan yang ada di negeri ini. Inilah yang diharapkan dari Guru Penggerak dan Merdeka Belajar, tidak tergantung atau menunggu kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah.

Kegiatan Refreshment ini dibuka oleh Kabid PAIS Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Bapak Imam Buchori, M.Pd.I,  dihadiri Sekjen dan Bendahara DPP AGPAII Pusat.  Dari peserta yang diundang hadir semua sebanyak 18 orang. Kegiatan ini dapat dikatakan sukses, dan mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Semoga kegiatan Refreshment ini menginspirasi Pokjawas di provinsi provinsi lain di Indonesia.

Dilaporkan oleh Inung S. Nur Hidayati,M.Pd.

 
   

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT