POKJAWASPAI NASIONAL

Membangun Komunikasi, Koordinasi dan Konsultasi

Lt. 8 Gedung Kementerian Agama RI

Workshop RPP Digital Pokjawas PAI Kab. Banyumas

Kamis, 06 Februari 2020 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 714 Kali

Sebagai pengontrol mutu para guru, Pengawas  perlu memahami  dan mendalami perkembangan kebijakan baru yang berkembang begitu cepat, misalnya perubahan regulasi terkait administrasi Guru dan proses pembelajaran yang baru saja diterbitkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadheem Makarim melalui SE Kemendikbud Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP. Begitu pula kebijakan tentang penyelenggaraan ujian yang diterbitkan melalui Permendikbud Nomor 43 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian Yang Diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, perlu direspon dengan cepat. Guru sebagai pelaksana kebijakan tentu butuh penjelasan penjelasan yang valid. Oleh karena itu, Kelompok Kerja Pengawas PAI (Pokjawas PAI) Kabupaten Banyumas mengadakan Workshop RPP Digital yang diselenggarakan pada hari Rabu,  tanggal 5 Februari 2020. Kegiatan ini diikuti oleh para Pengawas baik Pengawas PAI maupun Pengawas Madrasah di lingkungan  Kantor Kementerian Kabupaten Banyumas.

Harapan yang ingin dicapai dari kegiatan ini antara lain, Pengawas  memiliki persamaan persepsi tentang perubahan kebijakan pemerintah, sehingga akan dengan cepat mampu menyikapinya dengan bijak. Selain itu, kaitannya dengan tugas pokok Pengawas sebagai Pembina dan Pembimbing para Guru, maka Pengawas harus lebih cepat bergerak, memahami lebih awal, dan mampu memahamkan serta meyakinkan kepada guru binaannya. Mersepons dengan cepat dan cerdas adalah langkah tepat yang harus diambil. Inilah yang diharapkan dari Guru Penggerak, Pengawas Penggerak,  dan Merdeka Belajar, tidak tergantung atau menunggu kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak lain seperti Pemerintah.

Kegiatan ini dipandu Master Trainer yang juga Pengawas Hj. Inung S Nur Hidayati dengan muatan materi  40% berisi teori (konsep konsep) dan 60% praktik. Para peserta  langsung diajarkan bagaimana mengaplikasikan RPP digital dalam HP androidnya. Setelah kegiatan ini para Pengawas akan mendesiminasikan kepada para Guru binaannya.

Dilaporkan oleh Inung S. Nur Hidayati,M.Pd.

KOMENTAR

Mokhamad Nukman - Sabtu, 08 Februari 2020

Action speak is louder than word..

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT